PERANGKAT LUNAK PEMROGRAMAN

PERANGKAT LUNAK PEMROGRAMAN


Perangkat lunak Pemrograman adalah software yang berguna untuk menerjemahkan instruksi-instruksi dari bahasa program ke kode bahasa mesin melalui prosedur tertentu agar dapat diterima dan dibaca oleh komputer. Jenis perangkat lunak yang satu ini adalah bahasa yang digunakan dalam pembuatan sebuah program. Jika ditelusuri berdasarkan contohnya, terdapat beberapa macam bahasa yang bisa diketahui. Seperti JAVA, PHP, HTML, C, C++, dan masih banyak lainnya. Dalam membuat bahasa pemrograman ini nantinya masih memerlukan perangkat lunak khusus untuk merancang program sesuai metode dan struktur yang ada pada bahasa pemrograman itu sendiri.

Perangkat Lunak Pemrograman dapat digolongkan menjadi beberapa mecam dilihat dari fungsi dan pengelolaanya, diantaranya yaitu :

1. Integrated Development Environment (IDE)

IDE adalah seperti "kantong ajaib" bagi para pengembang perangkat lunak. Di dalamnya, ada alat-alat yang membantu kita menulis, mengedit, dan menjalankan kode program. Contohnya seperti ruang kerja khusus untuk membuat program komputer.

2. Text Editors

Text editor adalah alat yang mirip dengan buku catatan kosong, di mana kita bisa menulis kode program. Bedanya, text editor ini dilengkapi dengan fitur-fitur khusus yang membantu kita menulis kode dengan lebih cepat dan rapi.

3. Compiler dan Interpreter

Compiler dan interpreter ini seperti penerjemah yang menerjemahkan bahasa manusia (kode program yang kita tulis) ke bahasa komputer (kode yang bisa dimengerti oleh komputer). Compiler menerjemahkan semuanya sekaligus, sementara interpreter menerjemahkan dan menjalankan kode per baris.

4. Version Control Systems (VCS)

VCS adalah seperti mesin waktu untuk kode program. Dengan VCS, kita bisa melihat versi-versi sebelumnya dari kode yang kita buat, membandingkannya, dan bekerja sama dengan teman dalam pengembangan perangkat lunak.

5. Debugging Tools

Debugging tools adalah seperti detektif untuk mencari kesalahan dalam kode program. Mereka membantu kita melacak, mengidentifikasi, dan memperbaiki kesalahan atau bug dalam program kita.


Silahkan berikan komentar dengan menyebutkan Nama dan Kelas. Contoh (Kamilah 7B)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Perangkat Lunak

Pengertian Surat Elektronik

PERANGKAT KERAS PADA KOMPUTER